Dua Homestay di Desa Sigapiton Jadi Percontohan

Desa Sigapiton

SIGAPITON, BatakIndonesia.com — Jumat (24/11/2017), Menteri Pariwisata, Arief Yahya meresmikan Desa Sigapiton, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, sebagai  desa pilot project (percontohan) untuk Pengembangan Homestay Desa Wisata. Homestay tersebut terletak di pinggir timur Danau Toba.

Pada 15 Oktober 2017 lalu telah berdiri dua unit Homestay Jabu Na Ture yang terinspirasi dari desain Sayembara Homestay Nusantara dan Homestay Ecopod yang merupakan percontohan Homestay. Desain Homestay Jabu Na Ture sendiri terinspirasi dari bentuk Jabu Bolon khas Rumah Tradisional suku Batak Toba, namun dengan modifikasi material Bambu yang lebih murah dan ramah lingkungan. Pembangunan Homestay ini didanai oleh Kementerian Pariwisata untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bagaimana mempertahankan Arsitektur Nusantara dan menjadikan homestay sebagai salah satu usaha pariwisata masyarakat. Untuk selanjutnya Pembangunan Homestay sangat terbuka untuk didanai oleh pihak lain.

 

Baca juga:

Dulu Bung Karno Pernah Mengunjungi Bandara Silangit

 

Keberadaan dua homestay ini di tengah masyarakat diharapkan menumbuhkan ketertarikan bagi masyarakat untuk menjadikan rumah tinggalnya sebagai homestay dan desa dapat menjalankan usaha pariwisata secara mandiri. (BTS)

BACA JUGA:   LBH RMP Ungkap Kebohongan Status Hukum Register 40 Palas

Batak Indonesia (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook (0)

G+ (1)