Lapangan Golf dan Hotel Labersa, Investasi Putra Batak Kebanggaan Riau

Lapangan Golf Labersa, salah satu lapangan golf bertaraf internasional terbaik di Indonesia (Foto: Dok BatakIndonesia.com).

BatakIndonesia.com, Pekanbaru. Dulu, kawasan seluas 350 hektar itu masih sepi. Terlantar, hanya ada semak, padang ilalang, rawa-rawa ditambah pepohonan yang tumbuh jarang mengisi hamparan. Namun, tidak berapa lama, kawasan itu berubah, bak disulap, jadi lapangan golf kelas bertaraf internasional dan dibangun hotel bintang lima. Dua-duanya menamakan diri Labersa Golf & Country Club dan Labersa Grand Hotel & Convention Centre.

Labersa Golf dan Hotel Labersa (demikian akrab disebut) berada di pinggiran kota Pekanbaru. Sebenarnya, secara administratif, lokasi itu masuk dalam wilayah Desa Baru dan Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, hanya 7 kilometer dan lebih dekat lagi, sekitar 5 kilometer, dari Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Country Club, fasilitas pendukung Labersa Golf, dipetik dari lantai 8 Hotel Labersa. (Foto: Antoni Antra Pardosi)

LABERSA GOLF, IKON RIAU DAN PEKANBARU

Labersa Golf dibangun pada tahun 2004 di atas areal seluas 110 hektar. Disain lanskapnya ditangani oleh Edwin Palmer. Pada awalnya masih 18 hole kemudian berkembang jadi 27 hole. Rumputnya dari kelas terbaik. Lapangan golf dilengkapi dengan green dan driving range, caddy, serta boogie car.

Labersa Golf, tampaknya ingin memanjakan pegolf yang datang bersama keluarga. Di sana terdapat Country Club yang terdiri dari ruang pertemuan berkapasitas hingga 1.000 orang dan ruang meeting VIP. Juga tersedia restoran, tempat sauna dan kolam renang, juga deretan lodge dan cottage sebagai tempat menginap. Untuk memanjakan keluarga disediakan area untuk pesta kebun, outbonding, dan amphiteater.

Seluruh bangunan berkesan unik dan gagah, meniru arsitekur kolonial. Plafonnya menjulang dengan jendela kayu yang jangkung. Atap dibentuk dengan tiang siku penyanggah yang kukuh disertai pinggiran yang besar. Dibentuk sedemikian rupa untuk merespon kondisi alam tropis Indonesia.

Dengan bentang tanah seluas itu dengan fasilitas lux maka Labersa Golf termasuk salah satu lapangan golf bertaraf internasional terbesar dan terbaik di Indonesia. Labersa Golf kemudian hadir sebagai salah satu ikon Riau dan Pekanbaru. Para golfer dalam dan luar negeri pernah menjajal lapangan golf ini, serta menjadi tempat pertandingan berbagai turnamen, termasuk sebagai tempat pertandingan golf PON XVIII tahun 2012 yang diselenggarakan di Pekanbaru.

Hotel Labersa Riau, unik dan elegan. (Foto: Antoni Antra Pardosi)

HOTEL LABERSA, UNIK DAN BERKELAS

Hotel Labersa dibangun pada tahun 2007. Letaknya, persis berhadap-hadapan dengan Labersa Golf. Hotel ini didisain Ateliar 6 dan tampilannya sangat unik. Arsitektur dan interiornya mengekspresikan citra hotel masa kini, modern namun tidak terikat dan terkait dengan aliran tertentu sehingga diharapkan akan tetap langgeng (timeless desaign). Bangunan hotel berbentuk persegi bercabang tiga, masing-masing memiliki balkon, disesuaikan dengan view hamparan lapangan golf dan alam sekitar yang menghijau sejauh mata memandang. Hotel didandani dengan pepohonan dan tanaman hias berbagai jenis. Di samping lobi terdapat kolam air mancur yang luas. Di dalam kolam ditemukan 4 ekor gajah berwujud patung, besar dan kecil, seukuran aslinya. (Gajah termasuk binatang khas Riau).

Hotel Labersa terdiri dari 8 lantai dan memiliki 219 kamar dengan berbagai tipe: deluxe, deluxe elite, executive suite, ambassador suite, diplomat suite, dan presidential suite. Kamar hotel ditata secara elegan dan dilengkapi dengan fasilitas terbaik dan modern seperti televisi LCD plat, AC, balkon, bathrodes, coffee and tea maker, safe defisit digital, minibar, kunci kamar elektronik proximity, akses internet, bathtub, dan rain head shower. Hotel juga dilengkapi dengan ruang pub, karaoke, restoran, dan kolam renang. Di lantai 8 terdapat Orient Restaurant yang bernuansa oriental dan memiliki balkon luas menghadap ke lapangan golf.

Patung gajah seukuran aslinya di tengah kolam sisi kanan Hotel Labersa. (Foto: Antoni Antra Pardosi)

Hotel Labersa memiliki Convention Center untuk ruang konvensi dan ruang besar untuk menampung kegiatan yang lebih massal. Ada 6 meeting room masing-masing seluas 80 meter persegi; 3 di antaranya terkoneksi atau terhubung untuk kapasitas lebih dari 100 orang. Di sebelahnya ada 3 ballroom masing-masing seluas 936 meter persegi; terkoneksi menjadi grand ballroom seluas 2.808 meter persegi dan mampu mengakomodasi lebih dari 5.000 orang. Meeting room dan ballroom dibangun di belakang hotel dan terhubung. Convention Center sudah menjadi langganan bagi berbagai hajatan besar di Pekanbaru. Ruang parkirnya luas bisa menampung ratusan kendaraan roda empat.

Riau dan Kota Pekanbaru kini memiliki hotel bintang lima bertaraf internasional. Sebelumnya hanya ada satu, yaitu Hotel Aryaduta Pekanbaru. Di samping pelayanan superior selama 24 jam, Hotel Labersa kini dilirik kalangan eksekutif karena suasana nyaman dan asri, dekat dengan alam, bisa menghirup udara segar, dan jauh dari keriuhan kota (wind free environment). Kelebihan lain yang tidak dimiliki hotel mana pun adalah karena terintegrasi dengan lapangan golf dan waterpark/theme park, Riau Fantasi.

RIAU FANTASI

Riau Fantasi satu lokasi dan dikelola manajemen yang sama dengan Labersa Golf dan Hotel Labersa. Wahana permainan ini meniru Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, makanya orang Pekanbaru menyebutnya Dufan Pekanbaru. Riau Fantasi dibangun pada tahun 2008 di areal seluas 6 hektar. Dengan segala fasilitas yang dimiliki, Riau Fantasi merupakan pioner wahana permainan air sekaligus yang terbesar di Pulau Sumatera. Kalaupun ada yang setara, Riau Fantasi sangat berbeda karena terintegrasi dengan hotel dan lapangan golf.

Berbagai wahana permainan di Waterpark Riau Fantasi (Foto: Dok BatakIndonesia.com)

Waterpark Riau Fantasi memiliki wahana permainan air seperti kolam renang yangterdiri dari adventure pool, adult pool, baby pool, lazy river pool (950 meter, terpanjang di Indonesia), serta boombaster (sebuah ember raksasa yang dapat menampung hingga 3.000 liter air yang tumpah secara otomatis sekali dalam 5 menit).

Di dalam area juga terdapat beberapa slide atau seluncuran seperti big jump (terpanjang di Indonesia), cool running, racing slide, vertical slide, dan spiral race. Wahana ini diperkaya dengan mandi busa yang sangat mengasyikkan baik bagi tua dan muda. Juga terdapat permainan outbond seperti seperti flying fox, high rope, dan trampolin.

Salah satu wahana permainan di Themepark Riau Fantasi. (Foto: Dok BatakIndonesia.com)

Themepark Riau Fantasi menyediakan wahana permainan seperti family swinger, ferrish wheel, merry go round, bumper car, viking boad, wave blaster, sky tower, speedy coaster, go kart, kereta wisata, dan Cinema 7 D. Selain wahana bermain, Riau Fantasi juga merupakan edutainment (belajar sambil bermain) terlengkap karena memiliki paket pelatihan atau program achievement motivation traning, team building leadership dan assessment program. Paket lain yang bisa dimanfaatkan adalah gathering package, kids fun games, student package dan ferewell package.

Pada tahun 2015 PT Hutahaean Group kembali membangun waterpark di Duri, persisnya di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

MILIK PENGUSAHA BATAK

Manajemen Labersa Golf dan Hotel Labersa bernaung di bawah bendera PT Labersa Hutahaean, salah satu anak perusahaan PT Hutahaean Group. Pendiri dan pemilik perusahaan ini adalah Sintua Harangan Hutahaean. Nama Labersa adalah akronim dari “delapan bersaudara,” dari jumlah anak Harangan yaitu 8 orang (terdiri dari 3 putra dan 5 putri).

Harangan Hutahaean lahir 24 Mei 1935 di Dusun Lumban Namora, Desa Simatibung, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Tobasa. Ia seorang pengusaha sukses di bidang perkebunan kelapa sawit dan tapioka berikut pabrik pengolahannya, jasa penyewaan kendaraan, golf, hotel, dan waterpark. Anak sasada (semata wayang) dan tinggal maetek (kehilangan sang ayah pada usia 10 tahun akibat meninggal) merintis bisnisnya dari nol, bermetamorfosa dari seorang guru SD, sampai kemudian dinobatkan sebagai salah satu pengusaha daerah berprestasi di pelbagai daerah di Indonesia pada tahun 2009. Seluruh gurita bisnisnya berpusat di Pekanbaru.

Harangan Hutahaean menikah dengan Tio Monica br Sibarani. Mereka dianugerahi 8 orang anak serta 23 orang cucu dan 1 orang cicit. Pada usianya yang sudah 82 tahun, Harangan Hutahaean masih aktif menangani seluruh jaringan bisnisnya itu.

MENDAPAT PENGHARGAAN

Pada 18 Desember 2007 Pemprov Riau menganugerahi Harangan Hutahaean berupa Special Investmen Award yang diserahkan langsung Gubernur Riau HM. Rusli Zainal. Pemprov Riau menilai Labersa Golf merupakan terobosan di bidang investasi dan banyak manfaatnya untuk meningkatkan citra Riau sebagai daerah kunjungan wisata dan olahraga. Disebut terobosan karena Harangan berani membangun investasi yang tidak ekonomis sebagai bisnis, dan tidak kepalang tanggung, langsung bertaraf internasional. Inilah kali pertama Pemprov Riau memberikan penghargaan kepada pengusaha.

Pada tahun 2009 Pemprov Riau kembali memberikan anugerah penghargaan Riau Investment Award kepada Harangan Hutahaean dan tiga orang pengusaha lokal lainnya. Penghargaan tersebut adalah respon positif Pemprov Riau atas komitmen, dedikasi, dan konsistensi Harangan Hutahaean berinvestasi dalam bidang perkebunan, olahraga, dan pariwisata.

Jika Anda Pekanbaru, tak salah apabila saya merekomendasikan karya anak Batak ini untuk Anda kunjungi dan nikmati. (Antoni Antra Pardosi)

BACA JUGA:   KEMBANG GOYANG FBBI

Batak Indonesia (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook (0)

G+ (0)