Reyuni Adelina Barus, Penerima Beasiswa dari FBBI Telah Meraih Sarjana

Reyuni Adelina Barus

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Reyuni Adelina Barus menyampaikan kepada FBBI (Forum Bangso Batak Indonesia) bahwa ia telah lulus dari Universitas Diponegoro, Semarang pada Sabtu (29/8/2018) dengan Surat Keterangan Nomor 7383/UN7.5.7/DL/2018. Hal ini disampaikannya kepada Advendes Pasaribu, salah satu Pengurus FBBI.

Menurut keterangan dari Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Semarang, menerangkan: Nama Reyuni Adelina br Barus, tempat tanggal lahir Berastagi, 02 Juni 1996. Jurusan Ilmu Komunikasi, jumlah kredit: 149. Indeks Prestasi 3,88 (tiga koma delapan delapan). Surat keterangan ini dibuat menunggu traskrip Akademik yang masih dalam proses dan akan diserahkan pada saat Wisuda ke 152 Uiversitas Diponegoro tanggal 28 Oktober 2018.

Sipakah sebenarnya Reyuni ini? Ia adalah siswi yang berprestasi di SMA dan ingin sekali melanjut ke Perguruan Tinggi, tetapi ia tidak memiliki biaya. Berita tentang Reyuni yang cerdas ini sampai ke teman-teman di FBBI dan menjadi perbincangan bagaimana kami bisa menolongnya?

Reyuni adalah boru Batak yang tinggal tidak jauh dari lokasi Gunung Sinabung. Pada 2013 lalu, Gunung Sinabung meletus kembali. Sampai 18 September 2013 telah terjadi 4 kali letusan. Letusan pertama terjadi pada 15 September 2013 dini hari, kemudian terjadi kembali pada sore harinya. Sampai saat ini, Sinabung masih menyisakan banyak korban karena lahan pertanian dan pemukiman yang berantakan.

Reyuni salah satu bagian dari masyarakat Karo yang terdampak akibat letusan Sinabung. Ia beruntung karena FBBI memberi perhatian kepadanya.

Pihak FBBI sepakat memberikan beasiswa kepadanya. Biaya beasiswa sebesar Rp7.400.000 (tujuh juta empar ratus ribu rupiah) per tahun, sejak dimulai tahun 2014 lalu, diberikan kepadanya agar dia dapat meraih cita-citanya.

Waktu itu, ada tantangan yang diberikan Advendes Pasaribu kepadanya. Jika Reyuni mampu mempertahankan IPK minimal 3,0 (dari skala 4,0), maka FBBI akan menanggung biaya kuliahnya secara penuh. Ternyata, tiap semester Reyuni melaporkan IPK di atas 3,0 dan akhirnya ia mendapatkan beasiswa dari FBBI. Bahkan Reyuni Adelina br Barus mampu menggondol predikat Cum Laude.

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap Forum Peduli Tragedi Danau Toba

Dalam kesempatan itu, FBBI mengucapkan “Selamat buat adinda Reyuni A. br Barus atas kelulusan Sarjana Satu di UNDIP yang diperoleh dengan upaya keras dan komitmen, sehingga membantu orangtua yang kebetulan daerahnya terkena musibah Gunung Sinabung. Tetaplah menjadi anggota FBBI. Terimakasih yang tulus juga khusus kepada  Advendes Pasaribu Ultop, yang menjadi kontributor donatur.

Terpujilah Tuhan yang memberikan rejeki dan menyalurkannya kepada seorang generasi muda Bangso Batak yang potensial demi kemajuan Bangsa Indonesia di masa mendatang. Menjadi berkat bagi sesama dan memajukan bonapasogit adalah missi FBBI melalui beasiswa ini.

(Disampaikan oleh Advendes Pasaribu melalui Ronsen LM Pasaribu/Ketum FBBI)
Editor: Boy Tonggor Siahaan

Batak Indonesia (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook (0)

G+ (0)